Langsung ke konten utama

Rekomendasi Wisata Kabawetan Kepahiang

Selamat datang Bulan September. Bener-bener nggak kerasa ya, udh masuk di bulan-bulan akhir tahun. 2023 udah mau habis nih, kalian udah manfaat waktu buat jalan-jalan atau staycation belom?

Nah... kali ini aku punya rekomendasi jalan-jlan keren, hemat budget, vibes nya alam tapi lokasinya mudah dijangkau. Aku mau ajak kalian jalan-jalan ke area wisata Kabawetan yang ada di Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu. 

Sumber : google


Aku rekomendasikan kalian punya waktu 24jam untuk menikmati keindahan rekomendasi wisata kali ini. Misalnya kalian bisa mulai dengan hari Sabtu siang sampai Minggu pagi. 

1. Menginap di Vila/Homestay/Hotel di Sekitar Kabawetan.

Sumber : Koleksi Pribadi


Disekitaran Kabawetan ini kalian akan menemukan berbagai macam tempat stay cation. Ada vila yang privat, ada vila dengan fasilitas full 1 rumah, ada homestay, dll. Biasanya tempat menginap disini dilengkapi dengan kolam renang, dapur, bahkan tempat karaoke. Sehingga dimalam hari kalian bisa menikmati suasana Kebun Teh yang dingin dengan suasana yang hangat.  Harganya beragam sekali, tergantung dengan budget yang kalian punya. 

Pagi hari pleaseeeee jangan kalian hanya berdiam di ranjang dengan alasan dingin. Karena kalian akan rugiiiiiiiiii. Suasana Kabawetan ini dingin, makanya dapat julukan Bandungnya Bengkulu. Bisa kalian nikmati dengan menyeduh kopi, sarapan, berenang, atau jalan2 di sekitar kebun teh. 

2. Wisata Air Terjun Sengkuang/Kolam Renang Wahana Tirta Sengkuang

Sumber : Koleksi Pribadi

Pukul 08.30 kalian bisa sedikit naik ke Desa Sidorejo. Disini kalian akan menemukan wisata air yang dikelola oleh Masyarakat Desa setempat. Untuk kolam renang Wahana Tirta ini terbagi dalam beberapa jenis kolam. Ada kolam dewasa dan  kolam anak. Bersumber dari air pegunungan, kolam renang ini tanpa kaporit. Karena airnya yang dingin dan tanpa kaporit, maka air kolam dikuras di sore hari dan terisi kembali di pukul 08.00 keesokan paginya. Sedangkan wisata Air Terjun Sengkuang buka 24 jam dilengkapi dengan kamar mandi dan ruang ganti baju. 

Masuk ke masing-masing wisata hanya dikenai harga tiket Rp. 10.000/orang. 

3. Wisata Edukatif Sapi Perah Pak Tarsan

Sumber : Koleksi Pribadi


Berdasarkan pengalaman, biasanya wisata air akan selesai dipukul 10-11 pagi. Nah selanjutnya bisa kita manfaatkan waktu menuju Desa Sukasari. Kalian akan menemukan Warung Susu Pak Tarsan. Dibagian belakang rumah ada kandang Sapi Perah yang didatangkan dari luar negeri. Jadi disini kita bisa mengenalkan tentang perbedaan antara sapi pedaging dengan sapi perah. Selain melihat sapi, kita juga bisa membeli hasil olahan dari susu sapi perah. Seperti susu murni atau kerupuk susu.

4. Swafoto di Kebun Teh

Sumber : Koleksi Pribadi


Setelah melihat sapi, kita kembali menuju kebawah. Jika kalian belum melakukan check-out di penginapan, baiknya menuju kembali ke penginapan ya. Tapi sayang sekali jika pemandangan hamparan kebun teh di sia-siakan saja.  Selain pemandangan kebun teh, jejeran batang Sengon juga bisa menjadi background foto yang apik lo.

5. Oleh-Oleh Kopi Asli Sengkuang.

Sumber : Koleksi Pribadi


Selain hasil olahan susu tadi, kopi asli Sengkuang bisa menjadi pilihan oleh-oleh. Sebetulnya disekitar Kabawetan banyak tempat yang memproduksi kemudian menjual kopi. Tapi salah satu yang mungkin tidak susah dicari dan terlihat jika kita lalui adalah Kopi Lancor. Tersedia dengan kemasan ekonomis dan kemasan premium. Dibandrol di harga Rp. 70.000/kg. Kalian bisa memilih kopi Robusta, Arabika dan Luwak.

6. Rumah Makan Saung Abah.

Sumber : Koleksi Pribadi


Nahhh terakhir. Jika berdasarkan pengalaman, kalian akan meninggalkan kawasan Kabawetan tepat di jam-jam lapar. Maka ada satu lokasi tempat makan asik, cukup enak, pelayanan cukup cepat, dan sangat murah. Namanya Saung Abah. Dimulai dari harga Rp. 10.000 kalian udh bisa dapat paketan nasi,lauk, tahu tempe terong goreng, sambal, dan lalapan. Disini juga ada Mushola dan ada fasilitas karaokenya. 

Nahhh gimnaa? Dari rekomendasi ini keren kan 24jam nya kalian. Healling murah, dekat, wisata alamnya dapet, wisata edukasinya dapet, bantu masyarakat desa dapet. 

Selamat berwisata ya..

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rambut Rontok karena Berhijab? Coba Kenali kebiasaan yang salah pada rambutmu...

  Rambut rontok pasti rata-rata semua perempuan pernah mengalami kayaknya ya??? Tinggal berat ringannya aja kayaknya. Apalgi di wanita yang berhijab. So, apa bener berhijab menyebabkan rambut rontok?? Saya salah satu dari ribuan wanita dengan masalah rambut rontok, yang kadang bikin nggak nyaman sampoan atau sisiran -_- Sedih liat rambut yang udah kayak arsiran di lantai rumah, karena dimana-mana ada. Saya berhijab dari masuk SMP, walaupun pas waktu itu nggak tertib-tertib bener sih. Kapan mau pake, kapan males nggak pake (kode keras : jangan ditiru!!!!). Jadi dulu dipaksa Ayah untuk pake Hijab, dan.... jaman dulu mana berani bilang nggak. Selalu "iya". Balik lagi kebahasan Hijab, jadi kalo diitung-itung sekarang udah kurang lebih 18 tahun pake hijab. Nah... terus apa ada hubungannya ya Hijab = Rambut Rontok. Coba deh kita bahas satu per satu kebiasaa-kebiasaan yang sepertinya, baik atau tidak baiknya. 1. Rambut Basah langsung ditutup Hijab Saya tipe orang yang males rambut l

Berani Hadapi Dunia Baru dengan Skill Academy

Keadaan ekonomi, kondisi pandemi saat ini sebetulnya bukan menjadi alasan besar menurunnya kualitas hidup seseorang, atau alasan sulitnya menjalani kehidupan sehari-hari. Kesulitan yang sebenarnya justru muncul ketika kita tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Sehingga kita mengalami shock ketika menemukan kondisi baru, misalnya menghadapi penurunan pendapatan penjualan pada usaha milik sendiri, atau pemutusan hubungan kerja dari perusahaan atau tempat kita bekerja.     Semua manusia dilahirkan pasti memiliki kelebihan meskipun satu orang dengan orang lain tidak bisa disamakan. Potensi yang berbeda ini ada, tanpa harus memandang ras, latar belakang keluarga atau pun tingkat ekonomi.   Maka tugas yang harus dilakukan sebenarnya adalah menggali potensi dan meminimalisir kekurangan dalam diri sendiri. Salah satu solusi yang ditawarkan hari ini adalah pelatihan Skill Academy by Ruang Guru. Pelatihan ini dilakukan secara online, sehingga kamu bisa menyimak dengan baik k

Keluarga dan Oreo 110th Birthday Celebration

Sumber : Koleksi Pribadi    Setelah November 2020 lalu, bagi kami waktu bersama terasa lebih sangaatttt penting dari apapun. Kami punya cerita sendiri, tentang bagaimana rahasia kehidupan di dunia ini. Betul sekali tentang umur adalah rahasia Nya.    Semenjak kepergian Bunda, gelar sebagai anak tertua membuat saya berusaha mengumpulkan adik-adik sesering mungkin, disetiap hari libur disetiap waktu yang bisa digunakan untuk bertemu. Salah satunya adalah, momen Ulang Tahun. Sekarang kami merasa Ulang Tahun adalah waktu spesial untuk berkumpul, waktu spesial untuk berkeinginan, waktu spesial untuk berbagi kebahagian. Meskipun sebetulnya sejak kecil, Ulang Tahun adalah salah satu waktu yg ditunggu sekedar meminta boneka atau baju baru.    Biasanya kami merancang waktu berkumpul beberapa hari sebelumnya, menyesuaikan dengan jadwal masing-masing anggota keluarga, berharap agar di hari H semua anggota keluarga bisa hadir. Meskipun anggota keluarga pun sudah melingkari tanggal-tanggal lahir ma