Langsung ke konten utama

Destinasi Wisata Wajib di Kota Medan

Assallammu'allaikum temen-temen baek yang sering main kemari...

Kalo kemaren kita bahasin Danau Toba..
Hari ini kita bahas lagi daerah lain yang bisa kamu jadiin destinasi wisata kalo lagi di Kota Medan.
.
Kali ini aku akan coba buat kalian membayangkan sedang di Kota Medan dan jalan-jalan ya..

Sumber : Koleksi Pribadi


1. Istana Maimun
Terletak di Jl. Jendral Katamso, Kota Medan. Istana Maimun akan sangat mudah di capai. Istana ini dibuka hingga pukul 17.00 WIB. Saya sarankan kalian untuk masuk kedalam, agar puas melihat bagaimana suasana Istana yang kurang lebih memiliki luas 2.700an meter persegi ini.
Didalam kalian bisa menyewa pakaian ala kerajaan melayu. 1 set pakaian bisa di sewa dengan harga Rp. 50.000/sekali pakai (2017). Jadi selama kalian ada di area wisata, kalian boleh mengenakannya.
Sumber : Koleksi Pribadi

Istana ini begituuuu luasssss. Di halaman, ada beberapa Kuda yang biasanya boleh kalian gunakan untuk berswafoto.
Istana ini dibangun pada 26 Agustus 1888. Memadukan gaya Melayu dan Eropa, Istana ini betul-betul mewah. Meski sudah berusia ratusan tahun, Istana ini masih sangat baik sekali.

Oya, ketika keluar Istana, saya sarankan kalian untuk mampir ke toko-toko souvenir. Karena menurut saya agak sulit mencari souvenir oleh-oleh seperti gantungan kunci, tempelan kulkas, baju, kain khas medan kalau bukan beli disini. Variasi cukup banyaj, harga masih bisa ditawar.

Sumber : Koleksi Pribadi

2. Masjid Raya Al Mashun
Bergerak dari Istana Maimun, di depannya kita sudah tiba di Masjid yang konon katanya terbesar di Sumatera Utara. Terletak di Jl. Sisingamangaraja, gaya khas Timur Tengah, India dan Spanyol membuat nuansa Istana pun masih terasa di Masjid ini (wikipedia.com). Masjid yg berbentuk srgi delapan ini, memiliki halaman yang cukup luas.
Begitu nyaman, asri dan adem ketika sekedar duduk bersantai dihalaman masjid yang sudah di keramik ini.

Sumber : Koleksi Pribadi

3. Durian Bang Ucok
Bergerak ke wisata kuliner yuk.
Pasti pada doyan lah bagian ini yaaa...

Yapp betul sekali, salah satu makanan khas medan sama seperti di Bengkulu, yaitu Durian. Saya pun mengunjungi salah satu tempat yang cukup terkenal nggak hanya di Indonesia, bahkan sudah sampai ke seluruh dunia. Berbeda dengan di Bengkulu yang biasanya bermusim, di Durian Ucok ini stok durian selalu ada.

Kamu bahkan bisa minta mau sedikit mengkal, mau yang manis susu putih, manis pahit, mau yang kuning tembaga. Keren kaaannnn....
Jika makan ditempat, kalian bisa menyantap durian dengan ditemani ketan yang sudah dibungkus daun pisang. Tahun 2017 lalu 1 ketan seharga Rp. 2.000, sedangkan durian harganya bervariasi.
Sumber : Koleksi pribadi

Selain bisa dimakan ditempat, kalau mau untuk oleh-oleh bisa juga. Mereka akan packing sedemikian rupa, sehingga bau Duriannya bisa tidak tercium.

4. Oleh-Oleh Khas Medan
Ini bukan endors ya, tapi saya hanya merekomendasikan, agar kalian jika memiliki waktu yang tidak banyak, tapi bisa mendatangi bahkan membeli beberapa buah tangan dengan ke-khas-an Sumatera Utara.
Sumber : Kolek Pribadi

Nah... kalian cukup ke kitaran komplek citra wisata. Pertama yang biasanya didatangi adalah Bika Ambon khas Medan. Banyak sebetulnya toko yang menjual, tapi yang sempat saya datangi adalah toko Bika Ambon Zulaikha. Disini semua ada, mulai dari Bika Ambon, Teri Medan, Sirup Markisa, Sirup Terong Belanda, Dodol, daaaaannnn lain-lain. Ada disini.
.
Semenjak 2017 lalu sempat mencicipi Manisan Jambu Biji yang ada di Jl. Mojopahit, saya jadi jatuh cinta. Sebetulnya di toko oleh-oleh lain pun banyak yang menjual, tapi ntah.. saya sudah jatuh hati manisan Jambu yang ada di Toko Aguan. Harganya perkilo hanya Rp. 55.000.
Sumber : Koleksi Pribadi


.
Bergerak sedikit ke toko sebelah dari Manisan Jambu tadi, kamu akan sampai di Toko Kue Medan Napoleon. Nahhh buat kalian yang hobinya cicipin kue punya-nya artis-artis, ini harus kalian beli.
Sumber : Koleksi Pribadi


.
Terakhir, selang beberapa toko dari Napoleon. Kalian akan liat antrian panjang. Yap, betul. Itu antrian di Toko Bolu Meranti.

Sumber : Google


Yah, Alhamdulillah. Udahan dulu yuk, pegel ini kaki, eh jari ding. Untuk datangi semua tempat diatas kurang lebih bisa dari jam 10 pagi sampe jam 3 sore.
Semoga membaca ini membuat kalian merasa seperti lagi bener-bener keliling Kota Medan ya..... 😊😊😊
.
Minggu depan mau kemana lagi nih??
Jogja?
Bandung?
Palembang?
Atau Pulau Tikus?
.
Tungguin yaaa 😊😊😊

Komentar

  1. Memang absurd ya beli bisa Ambon di Medan, hahahaha. Tapi aku kemaren beli beberapa harga buka Ambon. Pas mau balik eh malah kesemutan sama ortunya teman diganti yang lain. Sebab kuatir saya gak boleh naik pesawat karna bawal semut, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Misteri yg belum terpecahkan..bika ambon belinya di medan 😅

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rambut Rontok karena Berhijab? Coba Kenali kebiasaan yang salah pada rambutmu...

  Rambut rontok pasti rata-rata semua perempuan pernah mengalami kayaknya ya??? Tinggal berat ringannya aja kayaknya. Apalgi di wanita yang berhijab. So, apa bener berhijab menyebabkan rambut rontok?? Saya salah satu dari ribuan wanita dengan masalah rambut rontok, yang kadang bikin nggak nyaman sampoan atau sisiran -_- Sedih liat rambut yang udah kayak arsiran di lantai rumah, karena dimana-mana ada. Saya berhijab dari masuk SMP, walaupun pas waktu itu nggak tertib-tertib bener sih. Kapan mau pake, kapan males nggak pake (kode keras : jangan ditiru!!!!). Jadi dulu dipaksa Ayah untuk pake Hijab, dan.... jaman dulu mana berani bilang nggak. Selalu "iya". Balik lagi kebahasan Hijab, jadi kalo diitung-itung sekarang udah kurang lebih 18 tahun pake hijab. Nah... terus apa ada hubungannya ya Hijab = Rambut Rontok. Coba deh kita bahas satu per satu kebiasaa-kebiasaan yang sepertinya, baik atau tidak baiknya. 1. Rambut Basah langsung ditutup Hijab Saya tipe orang yang males rambut l

Berani Hadapi Dunia Baru dengan Skill Academy

Keadaan ekonomi, kondisi pandemi saat ini sebetulnya bukan menjadi alasan besar menurunnya kualitas hidup seseorang, atau alasan sulitnya menjalani kehidupan sehari-hari. Kesulitan yang sebenarnya justru muncul ketika kita tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Sehingga kita mengalami shock ketika menemukan kondisi baru, misalnya menghadapi penurunan pendapatan penjualan pada usaha milik sendiri, atau pemutusan hubungan kerja dari perusahaan atau tempat kita bekerja.     Semua manusia dilahirkan pasti memiliki kelebihan meskipun satu orang dengan orang lain tidak bisa disamakan. Potensi yang berbeda ini ada, tanpa harus memandang ras, latar belakang keluarga atau pun tingkat ekonomi.   Maka tugas yang harus dilakukan sebenarnya adalah menggali potensi dan meminimalisir kekurangan dalam diri sendiri. Salah satu solusi yang ditawarkan hari ini adalah pelatihan Skill Academy by Ruang Guru. Pelatihan ini dilakukan secara online, sehingga kamu bisa menyimak dengan baik k

Keluarga dan Oreo 110th Birthday Celebration

Sumber : Koleksi Pribadi    Setelah November 2020 lalu, bagi kami waktu bersama terasa lebih sangaatttt penting dari apapun. Kami punya cerita sendiri, tentang bagaimana rahasia kehidupan di dunia ini. Betul sekali tentang umur adalah rahasia Nya.    Semenjak kepergian Bunda, gelar sebagai anak tertua membuat saya berusaha mengumpulkan adik-adik sesering mungkin, disetiap hari libur disetiap waktu yang bisa digunakan untuk bertemu. Salah satunya adalah, momen Ulang Tahun. Sekarang kami merasa Ulang Tahun adalah waktu spesial untuk berkumpul, waktu spesial untuk berkeinginan, waktu spesial untuk berbagi kebahagian. Meskipun sebetulnya sejak kecil, Ulang Tahun adalah salah satu waktu yg ditunggu sekedar meminta boneka atau baju baru.    Biasanya kami merancang waktu berkumpul beberapa hari sebelumnya, menyesuaikan dengan jadwal masing-masing anggota keluarga, berharap agar di hari H semua anggota keluarga bisa hadir. Meskipun anggota keluarga pun sudah melingkari tanggal-tanggal lahir ma