Langsung ke konten utama

DAIKIN, untuk ruang dan listrik yang terbatas..

 

DAIKIN, untuk ruang dan listrik yang terbatas….

 


Air Conditioner atau biasa kita sebut AC, sekarang sudah bukan barang mewah lagi. Beberapa tahun lalu, AC memang hamper hanya bisa di temui di kantor, mall, Bandara, dll tapi saat ini hampir setiap rumah memiliki, bahkan dalam 1 rumah bukan tidak mungkin memiliki lebih dari 1 unit AC. Khusus untuk Bengkulu, yang secara geografis 7 Kabupaten Kota nya berada di sepanjang pinggir Samudra, menjadikan suhu di Bengkulu cenderung panas. Maka kipas dan AC menjadi salah satu solusi menghadapi suasana panas, selain cara lain yaitu tetap menjaga ruang hijau terbuka di masing-masing rumah.

Coba kita kenali lebih dekat tentang Air Conditioner /AC

Air conditioner (AC) adalah mesin yang dibuat untuk menstabilkan suhu dan kelembapan udara di suatu ruangan. Alat ini digunakan untuk mendinginkan atau memanaskan, tergantung kebutuhan. Namun, AC sering disebut sebagai pendingin udara karena lebih banyak digunakan untuk menyejukkan ruangan.

Meski AC adalah produk teknologi modern, konsep pendingin udara sudah dikenal sejak abad pertengahan, yaitu pada masa Romawi Kuno dan Persia. Willis Haviland Carrier menjadi orang pertama yang menemukan AC modern berskala besar yang menggunakan energi listrik pada tahun 1902. Sesuai namanya, air conditioner, AC memiliki fungsi untuk mengondisikan udara di sebuah ruangan agar terasa sejuk, nyaman, dan sehat. Ada tiga hal yang dapat dikondisikan atau diatur dengan menggunakan AC, yaitu suhu, kelembapan, dan kebersihan udara.

Beberapa jenis AC yang dipasarkan di Indonesia.

1. Jenis AC Split Wall

Inilah jenis AC yang banyak digunakan di rumah karena ukurannya kecil, harganya terjangkau, dan perawatannya mudah. Jenis AC split ini terdiri dari dua bagian yang ditempatkan di dalam ruangan (indoor) dan di luar ruangan (outdoor). Kapasitas AC split bervariasi antara 0,5PK–2 PK.

2. Jenis AC Cassette

Jenis AC cassette banyak digunakan di ruangan yang lebih luas dan tinggi, seperti perkantoran besar, ruko, atau ruang pertemuan dengan kapasitas 1 PK hingga 6 PK. Jenis AC cassette juga terdiri dari bagian indoor dan outdoor. Namun, bagian indoor tidak dipasang di dinding, tetapi di langit-langit ruangan. 

3. Jenis AC Central

Hotel, gedung bertingkat, dan mal biasanya menggunakan AC berjenis central karena memiliki kapasitas yang sangat besar. Cara kerja AC jenis ini adalah udara didinginkan di cooling plant yang terletak di luar ruangan, kemudian dialirkan ke dalam gedung.

4. Jenis AC Split Duct

Mesin AC jenis split duct bekerja dengan cara membagi hawa dingin ke semua ruangan melalui sistem ducting. Pada AC split duct terdapat banyak pengatur suhu, tetapi memiliki satu titik kontrol yang terpusat. Jenis AC ducting juga sering digunakan di mal atau ruangan yang luas.

5. Jenis AC Standing Floor

Sesuai namanya, jenis AC standing floor tidak dipasang di dinding atau plafon, tetapi diletakkan di atas lantai. Jenis AC ini sering digunakan di acara resepsi, seminar, dan sejenisnya. Karena mudah dipindahkan dan dilepas-pasang, AC standing floor ini sering disewakan.

6. Jenis AC Portable

Jenis AC portable berukuran kecil sehingga mudah dibawa dan harganya sangat ekonomis sehingga banyak dipakai para mahasiswa yang menyewa kamar indekos. Pada AC portable, bagian kompresor dan evaporator menjadi satu dan udara panas dari kompresor dibuang melalui pipa.

7. Jenis AC Window

Seperti AC portable, bagian kompresor dan evaporator pada AC window juga menyatu. Untuk memasang AC window, dinding harus dilubangi sesuai ukuran AC dan AC diletakkan di dalamnya menggunakan bracket dengan posisi bagian evaporator menghadap ke dalam ruangan.

 

Lalu apa kelebihan dan kekurangan AC bagi kesehatan ?

Manfaat Air Conditioner (AC) Bagi Kesehatan

Melindungi dari panas dan dehidrasi

Panas  berlebihan dapat menyebabkan stroke panas, di mana tubuh tidak dapat mengatur suhu dengan baik. Jika tidak segera diobati, stroke panas ini dapat merusak otak dan organ vital lainnya. AC bisa membantu mencegah terjadinya stroke panas dengan jalan menurunkan suhu udara. 

Dehidrasi adalah Kondisi tubuh dalam keadaan kekurangan cairan, ini bisa disebabkan karena husu pana berlebih. Tingginya suhu udara membuat tubuh Berkeringat, keringat berlebihan karena suhu tinggi dapat menyebabkan dehidrasi, jika cairan tubuh tidak diisi ulang dengan baik. AC bisa meminimalkan risiko dehidrasi dengan cara mengurangi keringat dan kehilangan banyak cairan.

Meningkatkan Produktivitas

Panas ekstrim bisa menimbulkan efek negatif pada aktivitas fisik dan kecerdasan. Dengan adanya Ac, maka akan meninghkatkat produktivitas kerja. AC akan meningkatkan kinerja dengan menyediakan lingkungan kerja sejuk dan nyaman. Selanjutnya, dapat membantu Anda untuk bisa tidur dengan nyaman, dan dengan demikian terhindar dari kelelahan serta masalah lain terkait dengan kurang tidur.

Meningkatkan Kualitas Udara dalam ruangan

Membantu meningkatkan kualitas udara dalam ruangan secara signifikan. AC pada umumnya dapat menyaring debu, serbuk sari, dan alergen dari lingkungan lainnya. Selain itu Ac juga akan mengontrol pertumbuhan jamur, lumut dengan cara mengurangi tingkat kelembaban. Di daerah dengan kualitas udara buruk, AC dapat menciptakan suasana bersih dan sehat.

Membantu Mengurangi Asma dan Alergi

AC menyaring dan mensterilkan udara, sehingga dapat membantu mengurangi asma dan alergi dengan cara menghilangkan debu serta serbuk sari Ac juga menghambat pertumbuhan jamur dan lumut. Paparan spora jamur merupakan salah satu faktor utama penyebab meningkatknya risiko reaksi alergi, asma, serta masalah masalah pernafasan lainnya. Gunakan AC dirumah dengan jendela tertutup, agar bisa membantu mencegah masuknya debu, bakteri , serta alergen lingkungan. Hal ini bisa bermanfaat bagi seorang penderita alergi lingkungan dan asma.


Risiko dan Efek Samping Ac Bagi Kesehatan

Efek kekeringan pada kulit

Menghabiskan berjam-jam di lingkungan ber-AC dapat menyebabkan kekeringan dan iritasi pada selaput lendir. Kulit juga bisa kehilangan kelembaban alaminya dan bisa menjadi kering, sensitive

Tips: Sediakan mangkok berisi air dimeja Anda, jika harus bekerja seharian diruang berAC, atau gunakan pelembab


Memperburuk Penyakit Pernafasan

Perubahan mendadak pada suhu dan kelembaban bisa  memperburuk gejala beberapa penyakit pernapasan. Masalah ini sebagian besar dapat dihindari dengan menetapkan ke suhu yang lebih tinggi, kemudian secara bertahap dikurangi ke tingkat suhu lebih rendah.

Alergi dan Infeksi Saluran Pernapasan

Paparan berlebihan udara dingin dari AC dapat menyebabkan masalah sinus, pilek, sakit tenggorokan, serta gejala flu lainnya. Beberapa AC tidak bisa melembabkan udara, namun bisa  menyebabkan udara menjadi sangat kering. Udara kering tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lapisan mulut dan hidung.

Filter udara bisa menjadi kotor jika AC tidak dibersihkan secara teratur. Filter udara tersebut dapat menjadi tempat berkumpulnya debu, serbuk sari, bakteri, yang akan disirkulasikan kembali dalam ruangan. Hal ini dapat meningkatkan resiko infeksi saluran pernapasan, selain itu justru malah menimbulkan masalah bagi alergi dan pasien asma


Sick building syndrome

Sick building syndrome lebih sering terlihat pada bangunan dengan sistem pendingin udara, tetapi bangunan tersebut tidak memiliki ventilasi yang tepat. Bangunan dimana orang sering mengalami gejala seperti kesulitan bernapas, iritasi pada kulit dan selaput lendir, sakit kepala, dan kelelahan berlebihan, yang secara kolektif disebut dengan “Sick building syndrome”. Hal ini diyakini bahwa sindrom aneh ini mungkin disebabkan oleh jamur dan mikro organisme lainnya, jamur atau mikro organisme tersirkulasi memalui pendingin udara lalu udara terssebut kita hirup dalam jangka waktu lama.

Penyakit Legionnaire

Penyakit Legionnaires  adalah jenis pneumonia, penyakit ini disebabkan oleh bakteri legionella pneumophila. Salah satu masalah utama pada kesehatan terkait dengan AC adalah bahwa air hangat pada sistem AC sentral (terutama di hotel dan rumah sakit) bisa menjadi tempat berkumpulnya bakteri ini. Gejala paling umum dari penyakit ini adalah batuk, nyeri tubuh, demam tinggi dan menggigil, kelelahan, serta sakit kepala. Jika tidak diobati tepat pada waktunya, penyakit legioner ini dapat menyebabkan komplikasi dan bisa membahayakan jiwa.


Berat Badan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh biostatisticians di University of Alabama di Birmingham mengamati bahwa AC dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Menurut studi ini, ketika kita menggunakan AC untuk menjaga suhu rumah yang konstan, maka tubuh kita tidak lagi perlu mengeluarkan energi atau membakar kalori untuk menyesuaikan diri dengan perubahan suhu lingkungan. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kenaikan berat badan. jadi bagi pengguna Ac baiknya lebih rajin olah raga.


Tidak ramah lingkungan

Kebanyakan AC menggunakan freon atau CFC, yang diketahui bisa menyebabkan penipisan lapisan ozon. Namun, AC generasi baru dikenal sudah bisa meminimalkan dampak ini, sehingga tidak terlalu berdampak pada iklim.

 

Lalu apa solusi dari kelemahan dari penggunaan AC?

AC DAIKIN solusinya...



Daikin menjadi salah satu perusahaan terdepan dalam urusan AC. Fokus Daikin pada AC ini dimulai pada tahun 2000an, ketika sukses mengakuisisi perusahaan asal Malaysia. Setelah itu Daikin menjadi salah satu pemasok AC terbesar di Asia Tenggara. Walaupun menjadi salah satu produsen AC besar, Daikin harus tetap konsisten dalam mengembangkan setiap produknya. 


Kelebihan pertama yang wajib kamu tahu adalah AC Daikin ini mempunyai jenis AC rumahan yang sangat lengkap. Ada tiga AC dari Daikin yang bisa kamu beli, pertama AC Inverter, kedua AC Non Inverter, dan ketiga adalah AC Low Watt.

AC Inverter

AC Inverter adalah salah satu yang sering dicari oleh konsumen di Indonesia khususnya bagi para pelanggan baru. AC Inverter menggabungkan inverter listrik yang nantinya bisa mengatur kecepatan motor/mesin di dalam AC. Jadi ketika AC pertama kali dinyalakan, motor/mesin tidak akan bekerja dengan terlalu keras. Dengan begitu, listrik yang dihasilkan bakal lebih sedikit.

AC Non Inverter

AC Non Inverter ini kebalikan dari AC Inverter. Jadi tidak ada penghubung antara inverter listrik dengan motor/mesin AC. Ketika AC pertama kali dinyalakan, mesin AC akan menyala secara powerful karena kompresor bisa langsung bekerja dengan kekuatan penuh. Kelebihan dari AC Non Inverter ini adalah lebih murah, tetapi pemakaian daya listrik yang dibutuhkan pun lebih banyak.

Low Watt

Jenis AC Selanjutnya adalah Low Watt. Jenis AC ini menjadi salah satu AC yang dicari banyak orang. AC Low Watt ini harganya lebih murah daripada AC Inverter. Tetapi ada kekurangan dari AC Low Watt ini, karena daya kompresornya ini terlalu rendah, maka ketika AC dinyalakan maka ruangan tidak akan cepat dingin. Walaupun begitu, AC ini bisa lebih hemat secara pemakaian listrik dan juga harga.






Selanjutnya adalah pilih AC Daikin yang memiliki fitur unggulan sesuai kebutuhan. Banyak orang yang terkesima dengan banyaknya fitur unggulan yang akhirnya malah membuat budget menjadi sangat membengkak. Oleh karena itu, kamu harus benar-benar mencari AC Daikin yang memiliki fitur paling cocok dengan kebutuhan. Misalnya kamu membutuhkan AC yang mempunyai timer atau AC yang bisa dingin lebih cepat.


Beberapa AC Daikin seperti AC Split Standard, AC Split Inverter, dan AC Split Deluxe mempunyai keunggulan seperti Energy Savings dan Comfortable Airflow Control. 

Khusus di Sumbagsel, kepercayaan masyarakat atas AC Daikin dinilai baik. Kenapa? Hal ini dijelaskan oleh Bp. Undang Sumbaga pada event #BobeXDaikinBengkulu pada Minggu/24 Oktober 2020 bahwa melalui Central Elektro https://www.centralelektro.com Bengkulu berhasil meraih Daikin Award. Sumbagsel meliputi daerah Daikin Bengkulu, Daikin Jambi, dan Daikin Lampung.



Nilai plus lain dari Central Elektro Bengkulu dan Daikin, menurut Bp. Undang masyarakat tidak perlu khawatir dalam mencari onderdil/sparepart DAIKIN, selain itu juga jika ingin melakukan perawatan, central elektro Bengkulu akan siap datang kerumah.



 Nah, semoga informasi diatas cukup membantu dalam memilih AC ya.

Untuk kalian yang masih ingin tau banyak dunia AC/atau AC DAIKIN bisa langsung ke

Kantor Pusat Central Elektro Bengkulu

Jl. P. Natadirja No 37 KM 6,5 Kota Bengkulu

CP : (0736) 7324996/08117360422

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berani Hadapi Dunia Baru dengan Skill Academy

Keadaan ekonomi, kondisi pandemi saat ini sebetulnya bukan menjadi alasan besar menurunnya kualitas hidup seseorang, atau alasan sulitnya menjalani kehidupan sehari-hari. Kesulitan yang sebenarnya justru muncul ketika kita tidak mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Sehingga kita mengalami shock ketika menemukan kondisi baru, misalnya menghadapi penurunan pendapatan penjualan pada usaha milik sendiri, atau pemutusan hubungan kerja dari perusahaan atau tempat kita bekerja.     Semua manusia dilahirkan pasti memiliki kelebihan meskipun satu orang dengan orang lain tidak bisa disamakan. Potensi yang berbeda ini ada, tanpa harus memandang ras, latar belakang keluarga atau pun tingkat ekonomi.   Maka tugas yang harus dilakukan sebenarnya adalah menggali potensi dan meminimalisir kekurangan dalam diri sendiri. Salah satu solusi yang ditawarkan hari ini adalah pelatihan Skill Academy by Ruang Guru. Pelatihan ini dilakukan secara online, sehingga kamu bisa menyimak dengan baik k

Rambut Rontok karena Berhijab? Coba Kenali kebiasaan yang salah pada rambutmu...

  Rambut rontok pasti rata-rata semua perempuan pernah mengalami kayaknya ya??? Tinggal berat ringannya aja kayaknya. Apalgi di wanita yang berhijab. So, apa bener berhijab menyebabkan rambut rontok?? Saya salah satu dari ribuan wanita dengan masalah rambut rontok, yang kadang bikin nggak nyaman sampoan atau sisiran -_- Sedih liat rambut yang udah kayak arsiran di lantai rumah, karena dimana-mana ada. Saya berhijab dari masuk SMP, walaupun pas waktu itu nggak tertib-tertib bener sih. Kapan mau pake, kapan males nggak pake (kode keras : jangan ditiru!!!!). Jadi dulu dipaksa Ayah untuk pake Hijab, dan.... jaman dulu mana berani bilang nggak. Selalu "iya". Balik lagi kebahasan Hijab, jadi kalo diitung-itung sekarang udah kurang lebih 18 tahun pake hijab. Nah... terus apa ada hubungannya ya Hijab = Rambut Rontok. Coba deh kita bahas satu per satu kebiasaa-kebiasaan yang sepertinya, baik atau tidak baiknya. 1. Rambut Basah langsung ditutup Hijab Saya tipe orang yang males rambut l

Makna Masjid dan Sholat Berjamaah sebagai Pusat Peradaban

Masjid secara umum disebut sebagai salah satu tempat beribadah, khususnya bagi umat muslim yaitu masyarakat yang beragama Islam. Di Indonesia beberapa sebutan lain untuk masjid adalah langgar, mushola, surau. Sebutan ini biasanya diperuntukan untuk Masjid yang berukuran lebih kecil. Namun hal baru dan menarik tentang Masjid dari penyampaian Bp. Rohidin Mersyah beberapa waktu lalu dalam peresmian Masjid di Kabupaten Rejang Lebong yang didirikan oleh Pimpinan Daerah 'Aisyiyah Rejang Lebong, bahwa masjid juga merupakan pusat peradaban, pusat kaderisasi.  Apa maksudnya? Dari Masjid kita akan mengenal ibadah Sholat berjamaah.               “ Jika kita telaah lebih dalam, Sholat berjamaah bukan sekedar sujud dan takbir bersama pada                     satu waktu, tapi banyak hal yang terkandung didalamnya”, papar Bp. Rohidin Mersyah. Makna peradaban dari Masjid dan Sholat berjamah adalah :           1.   Ketika kita baru akan memulai sholat berjamaah,  hal pertama yang dilakuka